Asal mula berkembangnya ilmu pengetahuan

Minggu, 23 Mei 2010
  "Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu lah yang paling Pemurah. Yang mengajarkan manusia dengan pena. Mengajarkan kepada manusia apa-apa yang belum diketahuinya." ; (QS. Al-'Alaq: 1-5)

  Pengetahuan baru yang muncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos.
Mitos dapat diterima karena keterbatasan penginderaan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi. Sehubungan dengan kemajuan zaman, maka lahirlah ilmu pengetahuan dan metode ilmiah.
Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi, kepercayaan atau mitos, pengetahuan semacam ini disebut Pseudo science (sains palsu).

    Berkat pengamatan yang sistematis dan kritis, serta makin bertambahnya pengalaman yang diperoleh, lambat-laun manusia berusaha mencari jawab secara rasional dengan meninggalkan cara yang irasional. Pemecahan yang secara rasional berarti mengandalkan rasio dalam usaha memperoleh pengetahuan yang benar. Pengalaman merupakan salah satu terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalaman akan bertambah terus seiring berkembangnya manusia dan mewariskan kepada generasi-generasi berikutnya. Pertambahan pengetahuan didorong oleh. Pertama untuk memuaskan diri, yang bersifat non praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami hakekat alam dan isinya. Kedua, dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. Dorongan pertama melahirkan Ilmu Pengetahuan Murni (Pure Science) sedang dorongan kedua menuju Ilmu Pengetahuan Terapan (Aplied Science)

0 komentar:

Posting Komentar

Terjemahkan

waktu makassar

Tentang Phina

Masriana Sardi * Umur: 21 * Jenis Kelamin: Wanita * Tanda Astrologi: Libra * Shio: Naga * Industri: Agama * Jabatan: warga Asli Indonesia * Lokasi: Makassar : Sul-Sel : Indonesia Mengenai Saya panggil aku Pina. bagiku hidup adalah suatu tantangan yang harus kita jawab dengan segala kesabaran. tapi sayang sebagian manusia tidak mengerti apa artinya sabar itu. kini hidupku sudah terjawab dan aku akan menjalaninya dengan kesabaran :D Minat * pengen jadii orang nomor satu di dunia Film Favorit * horor * romantis * india... Musik Favorit * india * rock * lagu cinta * melo rock & roll A7x * Avril * m2m * d'masiv * yaaa smua yg penting bisa nyanyii bwahahahahahahahahhahaha Buku Favorit * buku apa saja yang penting bermanfaat bagi kami..... and Buku yang bisa membuat kita * ..pinter gitu dechhh kayak hackerrsss mimpi kalee yeee hahahahahah

Daftar isi blog

Berminat Tukaran Link , Silahkan di copy

Blogspot Akhmad andryan
Blogspot Artikel
Blogspot Tutorial
Blogspot Akhmad andryan